Sejarah dan Asal Usul Serta Keistimewaan Tugu Kujang Bogor

Sejarah dan Asal Usul Keistimewaan Tugu Kujang Bogor - Setiap kota di indonesia pasti mempunyai lambang tersendiri bagi kota mereka . dan lambang tersebut biasa nya berdiri di tengah kota mereka karena menandakan sebuah kejayaan dan mencirikan sebuah kota serta sejarah di masa lalu yang terlambangkan megah dalam simbol serta pusaka.

Sejarah dan Asal Usul Tugu Kujang Bogor
Tugu Kujang Bogor

Kota bogor merupakan salah satu kota yang memiliki lambang khas , kota yang lebih di kenal dengan hujan ini mempunyai lambang kota yang bernama Tugu Kujang, Sebagai ciri khas kota yang termasuk sangat megah dan jaya dengan Moto “ Dinu kiwari ngancik nu bihari seuja ayeuna sampeureun juga ” yang berarti “ Apa yang dilakukan hari ini dan esok harus lebih baik dari hari-hari sebelumnya ”. Tulisan tersebut berasal dari prasasti Lingga dan Batutulis Kerajaan Pajajaran yang dipimpin oleh Sri Baduga Maharaja Ratu Adil.

Sejarah Tugu Kujang 

Nama kujang itu sendiri di ambil dari nama sebuah senjata pusaka tradisional etnis sunda yang konon di yakini memiliki keistimewaan dan kekuatan gaib, dan sejak zaman kerajaan pajajaran yaitu pada abad ke 14, pusaka kujang sudah di kenal oleh masyaratat sunda yang fungsi nya sebagai peralatan pertanian , yang membuat pusaka ini tidak bisa di pisahkan dari masyarakat pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi pada saat itu dan lebih di kenal masyarakat luas khusus nya jawabarat sebagai Pusaka Prabu Siliwangi.

Tugu Kujang Pusaka Simbolik dan Sakral

Dalam pernyataan yang tertera dalam naskah kuno sanghyang siksa kanda Ng karesian ( 1518 M ) maupun tradisi lisan yang berkembang di beberapa daerah, dan salah satu di antara nya yaitu di daerah rancah ciamis dan sampai saat ini pun kujang sebagai alat pertanian masih dapat kita temukan pada masyarakat baduy, banten dan pancer pangawinan di sukabumi.

Pada abad ke-9 dan abad ke-12 lahir lah wujud baru kujang yang memiliki keistimewaan dengan karakter tersendiri, perkembangan teknologi, budaya, sosial, dan ekonomi. dan pada masyarakat sunda lah yang membuat kujang mengalamai pergeseran bentuk, fungsi serta makna. Dan Kujang telah bermetaformosis menjadi senjata yang bernilai simbolik dan sakral seperti yang kita kenal pada saat sekarang.

Dan pusaka Tradisional ini memang sangat berarti bagi masyarakat jawa barat khusus nya kota bogor, maka tidak heran jika masyarakat bogor menjadikan pusaka ini sebagai lambang sejarah dari kota bogor. Agar selalu di kenang, masyarakat kota bogor membangun pusaka ini di atas sebuah tugu yang tingginya mencapai kira-kira 25m yang kita kenal sebagai Tugu Kujang

Mungki hanya ini yang bisa saya berikan buat anda tentang Sejarah dan Asal Usul Serta Keistimewaan Tugu Kujang Bogor semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa lihat artikel sebelumnya Sejarah Berdirinya Kota Bogor.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah dan Asal Usul Serta Keistimewaan Tugu Kujang Bogor"

Post a Comment